1 CC berapa liter? berikut penjelasan dan cara menghitungnya

Kita tentu sering mendengar satuan cc, Tahukah kamu apa itu cc, lalu berapa banyak sebenarnya yang disebut dengan 1cc?
Dan terkadang timbul pertanyaan berapa sebenarnya yang disebut dengan 1 cc?, 1 cc berapa mili liter?, 1 liter berapa cc?, 1 cc berapa liter?, dan lainnya.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering mendengar istilah satuan CC, untuk menyatakan isi atau kapasitas suatu benda khususnya benda cair, Seperti misalnya pada saat membuat adonan kue, terkadang sering disebutkan tambahkan air sebanyak 100cc, santan 250cc, dan sebagainya.

Selain itu, Tentu kita juga sering mendengar istilah satuan CC, terutama pada sebuah kendaraan, Sepeda motor, Mobil, atau jenis mesin lainnya, kapasitas mesinnya disebut dalam satuan CC, Sepeda motor dengan kapasitas 150CC, 160CC, 250CC, 500CC, atau mungkin pada sebuah Mobil biasa disebut dengan mesin berkapasitas 1000CC, 1200CC, 2000CC, 2500CC, dan sebagainya.




Tak hanya pada kendaraan, satuan CC juga dapat kita jumpai pada berbagai jenis satuan cairan, lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan satuan CC, apa kepanjangan CC, dan berapa banyak sebenarnya yang disebut dengan 1 CC?

Sebenarnya, secara umum kita bisa memahami CC adalah salah satu dari sekian banyak satuan untuk menyatakan jumlah isi, muatan atau Volume, namun seberapa banyak sebenarnya satuan CC tersebut?

Memang benar, CC adalah satuan untuk menyatakan Isi, Volume atau kapasitas muat suatu ruang/benda, lalu apa yang dimaksud dengan Volume?

Volume
Volume, adalah suatu istilah yang menyatakan seberapa banyak suatu ruang dapat diisi atau ditempati atau Volume disebut juga dengan Kapasitas.

Berbagai bentuk benda yang memiliki Volume disebut dengan bangun ruang, baik bangun ruang beraturan seperti Kubus, Balok, Tabung atau silinder, Kerucut, Limas, Bola, maupun Bangun ruang tidak beraturan.

Penjelasan mengenai Satuan CC

penjelasan mengenai satuan CC, dan menghitung 1 cc menjadi liter dan mili liter
1 cc berapa?
Apa kepanjangan dari CC?
CC adalah satuan internasional dengan kepanjangan Cubik Centimetre, yang artinya adalah Centimeter Kubik (cm³), jadi setiap ruang yang berukuran 1cm³, maka ruang tersebut disebut memiliki volume 1CC (1 Centimeter Cubik).
1 cc = 1cm³
Lalu butuh berapa cc agar sama dengan 1 liter?

Untuk lebih mengenal berapa sebenarnya 1 cc tersebut, maka kita akan membuat suatu perhitungan, sebagai berikut:
1 Liter = 1 dm³
Jadi sebuah ruang yang memiliki volume 1 dm³ maka dapat diisi dengan 1 liter cairan, dan
1 dm³ = 1000cm³
Karena 1 dm³ adalah sama dengan 1000cm³, dan 1cm³ sama dengan 1cc, maka:
1 dm³ = 1000cm³ = 1000cc
Jika anda kurang begitu mengenal mengenai satuan cc, maka kita coba konversikan dalam satuan liter karena tentunya anda lebih mudah mengerti jika volume dalam satuan liter.
1 liter = 1000cc.
Karena 1 Liter itu sama dengan 1000cc, maka:
1cc = 0.001 Liter

Lalu, 1cc berapa ml?
1 liter = 1000ml
1 liter = 1000cc
Karena 1 Liter adalah sama dengan 1000ml, dan 1 liter itu sama dengan 1000cc, maka,
1cc = 1ml, atau 1ml = 1cc

Dari beberapa penjelasan mengenai satuan cc diatas, maka kita mulai dapat menghitung berapa sebenarnya yang disebut dengan 100cc, 250cc, 1000cc, dan sebagainya.

Sebagai contoh, jika sebuah sepeda motor memiliki kapasitas mesin 100cc, maka ini menyatakan bahwa volume silinder mesin sepeda motor tersebut, adalah 100cc atau sama dengan 100cm³, atau sama dengan 100ml, atau sama juga dengan 0,1 liter.


Semoga bermanfaat!

Berbagi ilmu pengetahuan umum

Tidak ada komentar untuk "1 CC berapa liter? berikut penjelasan dan cara menghitungnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel